Total Pageviews

Saturday 16 November 2019

APA YANG SEDANG TERJADI DI INDIA






#Repost from @indonesiabertauhid with @regram.app


 ... APA YANG SEDANG TERJADI DI INDIA? Apa itu Citizenship Ammandement Bill (Amandemen UU Kewarganegaraan, sering disingkat CAB 2019) yang sudah disahkan dan menjadi Citizenship Ammandement Act 2019 atau CAA 2019? 




CAA 2019 adalah perangkat hukum yang baru saja disahkan di India yang menjamin kewarganegaraan orang-orang beragama Hindu, Sikh, Buddha, Jains, dan Kristen yang mendapatkan persekusi berbasis agama dari negara-negara tetangga India. Hukum ini tidak berlaku untuk muslim. Apa itu National Register Citizens (NRC) atau Pendaftaran Kewarganegaraan Nasional? 


Dalam pemberlakuan CAA, India menerapkan NRC, dengan target mendaftarkan semua warga negara ke sebuah daftar nasional yang MENGHARUSKAN SETIAP ORANG DI INDIA MEMBUKTIKAN BAHWA MEREKA MEMILIKI HAK UNTUK ADA DI INDIA dengan menggunakan DOKUMEN BUKTI/FAKTA. KTP dan Slip Pajak tidaklah mencukupi sebagai bukti tersebut. 


Sebuah dokumen fakta harus memuat BUKTI LELUHUR menggunakan DOKUMEN BERSEJARAH. Lalu apa hubungan CAA dan NRC? Untuk jutaan muslim yang minoritas, tentu saja mereka tak memiliki DOKUMEN BUKTI dari puluhan tahun yang telah lewat, terlebih lagi bagi mereka yang miskin. 


Hindu, Buddha, Sikh, Jains, Kristen tetap akan dijamin status kewarganegaraannya meskipun tak memiliki DOKUMEN BUKTI di bawah ketetapan CAA. 


Hal itu tidak berlaku bagi orang-orang muslim dan ada ketakutan bagi sekitat 200 jutaan orang muslim yang telah tinggal di India selama puluhan tahun akan menjadi STATELESS dan diusir keluar India tanpa membawa hak apapun. Maka jelas sekali, CAA sangat kental nuansa fasis, rasis, dan islamofobia-nya. 


Apa yang terjadi sekarang? 

Ratusan praktisi hukum, akademisi, aktor, telah menandatangani pernyataan mengutuk CAA 2019. Aksi damai oleh orang-orang dari semua agama, tidak hanya muslim, telah meluas di seluruh India. 

Sejauh ini telah terjadi banyak laporan korban luka akibat represifitas kebrutalan aparat Polisi India yang menghalau para demonstran. . . 

Share Agar Lebih Banyak yang Peduli @IndonesiaBertauhid #CAB2019 #CAA2019 #INDIANMUSLIM #REJECTCAB #REJECTNRC #REJECTCAA



.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.