Total Pageviews

Wednesday 3 October 2018

bahaya Minyak Wangi metanol







Metanol adalah senyawa kimia organik yang tergolongan dalam keluarga alkohol, ia adalah alkohol paling sederhana seperti yang telah dikemukan dalam dua tulisan terdahulu, tulisan ini hanya membahas tentang bahaya terhadap kesehatan manusia, tragedi  Parnu yang terjadi pada tahun 2011 dan dampak lainnya.

Toksisitas
Metanol memiliki tingkat keracunan tinggi terhadap manusia. Bila tertelan, misalnya, sekecil-kecilnya 10 mL metanol murni dapat menyebabkan buta kekal karena kerusakan saraf optik, dan 30 mL boleh sebabkan kematian, meskipun dosis sedang mematikan (LD50) secara 100 mL, yaitu 1–2 mL/kg metanol murni. Efek racun makan waktu untuk mulai, dan antidot yang efektif dapat sering mencegah kerusakan kekal. Disebabkan kemiripannya dengan etanol (alkohol dalam minuman), menyulitkan untuk membedakan antara keduanya (seperti kasus dengan alkohol denaturasi). Minuman keras oplosan, yang sering diperdagangkan itu tidak legal dan sangat berbahaya, karena ia mengandung metanol. Menurut Apoteker Abdul Mutholib S.Farm, Apt. metanol sangat mudah diserap tubuh baik dengan cara jalan pemberian minum, terhirup, sapuan kulit dst.
Metanol dioksidasi oleh tubuh menjadi formaldehid (formalin-pengawet mayat) kemudian dimetabolisir lebih lanjut menjadi asam format (asid metanoat). Asam format ini menyebabkan berbagai efek toksik dalam tubuh.
Metanol dengan dosis besar menurut Ahmad menyerang sistem saraf pusat sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan. Kadar normalnya di bawah 5%. Kalau lebih dari itu akan menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat, jaringan, metabolism tubuh semakin berkurang karena rusaknya enzim.
Kematiannya ditandai dengan gagal napas, dan akan terjadi mikroatik atau kematian jaringan, misalnya, ususnya akan matang atau hangus di dalam,” kata Ahmad Subhan menjelaskan.
Metanol adalah racun melalui dua mekanisme. Pertama, methanol (apakah ia masuk ke dalam tubuh melalui tertelan, terhirup, atau terserap melalui kulit) dapat menjadi fatal karena sifat-sifat depresan Sistem Saraf Pusat-nya dengan cara yang sama seperti keracunan etanol. Kedua, dalam proses toksikasi, ia dimetabilisme menjadi asid format) yang terdapat sebagai ion format) melalui formaldehida dalam satu proses yang diawali oleh enzim alkohol dehidrogenase dalam hati.
Metanol diubah menjadi formaldehida melalui alkohol dehidrogenase (ADH) dan formaldehida diubah menjadi asam format (format) melalui aldehida dehidrogenase  (ALDH). Konversi menjadi format melalui ALDH hasil sepenuhnya, tanpa formaldehida terdeteksi tersisa. Format adalah racun karena ia menghambat sitokrom C oksidase mitokondria, yang menyebabkan  gejala-gejala hipoksia pada tingkat sel, dan juga menyebabkan  asidosis metabolik, di antara berbagai  gangguan metabolisme lain. Jaringan janin tidak akan tahan dengan metanol.
Keracunan metanol dapat diobati dengan antidot etanol atau fomepizol. Kedua obat tersebut bertindak untuk mereduksi aksi alkohol dehidrogenase terhadap metanol dengan cara inhibisi kompetitif, sehingga ia dikeluarkan oleh ginjal yang lebih baik dibandingkan ditransformasikan (diubah) menjadi metabolit racun. Pengobatan selanjutnya dapat meliputi pemberian natrium bikarbonat untuk asidosis metabolik, dan hemodialisis atau hemodiafiltrasi dapat digunakan untuk menyingkirkan metanol dan format dari darah. Asam folinat atau asam folat juga diberikan untuk meningkatkan metabolisme format.
Gejala-gejala awal dari intoksikasi metanol meliputi tekanan sistem saraf pusat, sakit kepala, pusing, mual, kurangnya koordinasi, kebingungan, dan dengan dosis yang cukup besar, ketidaksadaran dan kematian, seperti pada kasus peminum miras oplosan. Gejala awal paparan metanol biasanya kurang parah daripada gejala yang dihasilkan dari konsumsi dalam jumlah yang sama etanol.
Setelah gejala awal telah berlalu,  gejala set kedua  muncul, 10 hingga sebanyak 30 jam setelah paparan awal untuk metanol, termasuk kabur atau kehilangan total penglihatan dan asidosis. Gejala ini terjadi akibat akumulasi tingkat beracun dari format dalam darah, dan dapat berlanjut sampai mati karena kegagalan pernafasan. Sejumlah kecil metanol diproduksi melalui metabolisme makanan dan umumnya tidak berbahaya, yang dimetabolisme dengan cepat dan benar.
Etanol terkadang didenaturasi (dicemarkan), dan dengan demikian dibuat tidak bisa diminum, dengan penambahan metanol. Hasilnya disebut dengan spiritus dimetilasi.

Keamanan sebagai Bahan Bakar Mobil
Metanol murni telah digunakan di roda terbuka balap mobil sejak pertengahan 1960-an. Tidak seperti kebakaran minyak bumi, kebakaran metanol dapat dipadamkan dengan air biasa. Api berbasis metanol membakar/nyalanya tidak terlihat, tidak seperti bensin, yang membakar dengan api terlihat. Jika kebakaran terjadi di trek, tidak ada api atau asap menghalangi pandangan pengemudi cepat mendekati, tapi ini juga dapat menunda deteksi visual api dan pencegah awal kebakaran.
Keputusan untuk beralih secara permanen ke metanol di balapan IndyCar Amerika adalah hasil dari kecelakaan dahsyat dan ledakan di tahun 1964 Indianapolis 500, yang menewaskan driver Eddie Sachs dan Dave MacDonald.  Pada tahun 2007 IndyCars beralih ke etanol.
Metanol dengan mudah mengalami biodegradasi di kedua lingkungan: aerobik (adanya oksigen) dan anaerobik (tidak ada oksigen). Metanol tidak akan bertahan dalam lingkungan. Waktu paruh untuk metanol dalam air tanah hanya satu sampai tujuh hari, sementara banyak komponen bensin umum memiliki waktu paruh dalam ratusan hari (seperti benzena pada 10-730 hari). Karena metanol bercampur dengan air dan biodegradable, tidak mungkin menumpuk di tanah, air permukaan, udara atau tanah.

Tragedi Metanol Pärnu
Tragedi metanol Pärnu adalah insiden di Pärnu county, Estonia pada tanggal 9 September 2001 dan mengikuti hari yang menyebabkan kematian 68 orang, cacat sangat parah (termasuk buta atau rusak otak) 40 orang, dan cacat berat 3 orang.
Pada malam 6 September 2001, sepuluh tabung metanol ukuran 200 liter , sebesar 1,6 metrik ton, dicuri dari Baltfet (sebuah perusahaan pengolahan lemak industri, ester dan pakan ternak) oleh Deniss Pletškin, seorang mantan karyawan dan Robert Petrov, karyawan baru, atas perintah Sergei Maistrišin.
Dalam rangka untuk menutupi pencurian, Petrov kemudian tabung yang dicuri digantikan dengan tabung kosong. Maistrišin melanjutkan untuk menjual metanol curian ke Aleksandr Sobolev, penyelundup terkenal, 76.000 Krooni, mengklaim bahwa itu adalah methanol (spritus) teknis (yaitu, spiritus netral bertarap-laboratorium).
Sobolev mencampur cairan ini dengan air dan bahan penyedap rasa lemon sekitar 30% volume, cairan yang dihasilkan itu dibotol, diberi label palsu dari berbagai merek terkenal, dan didistribusikan melalui jaringan bawah tanah. Ratusan orang akhirnya minum produk yang dihasilkan, yang berpikir itu adalah vodka, dan memperoleh keracunan metanol.
Maistrišin akhirnya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara, Sobolev dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara. Enam kaki-tangan lainnya diberi hukuman penahanan singkat, sekitar selusin dijatuhi hukuman waktu dilayani. Vonis ini tak diduga terlalu lunak sehingga menimbulkan pembicaraan yang cukup hebat di kalangan masyarakat Estonia, dan menyebabkan penurunan penjualan alkohol bawah tanah.
Rupanya dalam hal miras oplosan terjadi juga di Estonia. Apa bedanya dengan Indonesia? Meski memakan korban berulang-kali, masyarakatnya tidak kapok juga! Pengoplosnya harus dihukum seberat-beratnya, jangan seperti di Estonia.



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.