Total Pageviews

Tuesday 5 December 2017

Patung Jenderal Soedirman Berdiri Gagah di Kantor Kementrian Pertahanan Jepang





Patung Jenderal Soedirman Berdiri Gagah di Kantor Kementrian Pertahanan Jepang




Pemerintah Jepang ternyata sangat bangga dan memberi penghargaan pada sosok Jenderal Soedirman. Jenderal besar pertama dalam sejarah TNI ini dibuatkan patung perunggu setinggi empat meter di halaman Kantor Kementerian Pertahanan Jepang.

Hebatnya lagi, patung tersebut adalah satu-satunya sosok pahlawan asing non jepang yang berdiri gagah di sana.

Pada tanggal 17 Agustus kemarin, dilangsungkan sebuah upacara kecil di sana. Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia melakukan upacara dan peletakkan karangan bunga di depan Patung Jenderal Sudirman.

Panglima Besar Jenderal Soedirman memang produk pendidikan militer Jepang selama penjajahan di Indonesia. Sebelum terjun dalam dunia keprajuritan, beliau adalah seorang guru dan kepala sekolah dasar Muhammadiyah di Banyumas.

Tahun 1944 saat Jepang menginvasi Indonesia dan mendirikan PETA (Prajurit Pembela Tanah Air) beliau bergabung di dalamnya dalam upaya menyiapkan kemerdekaan Indonesia setelah perang dunia berakhir.

Patung Jenderal Soedirman sendiri didirikan 3 tahun yang lalu. Dan baru pada tahun ini diadakan perayaan 17an di depanya. Belum jelas alasan resmi kelompok masyarakat Jepang Pecinta Indonesia melakukanya.

Semoga saja bukan mengklaim bahwa kemerdekaan Indonesia adalah atas jasa bangsa Jepang mendidik Pak Soed.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.