Total Pageviews

Friday 19 January 2018

Pewarna Makanan Alami



Pewarna Makanan Alami



Nih dia idea jenis tanaman yang bisa menghasilkan warna-warna:
  • Pink – Bit
  • Kuning – mangga, kunyit, wortel
  • Orange – wortel
  • Biru – Blueberries, kol ungu
  • Hijau – bayam, brokoli, pandan
  • Coklat – cacao powder, green tea, kopi
  • Merah – Bit
  • Ungu – kol ungu, bit
Cara membuat:

rajang tanaman yang anda kehendaki, masukkan ke panci, rebus bersama air dengan perbandingan 1:1 (agar warna lebih kuat). Rebus selama 10 menit, atau hingga tanaman menjadi layu, matikan kompor. Tunggu hingga rebusan dingin, masukkan ke blender, dan blender hingga hancur. Kemudian saring. Pewarna alami Anda siap digunakan

untuk membuat pewarna alami pada makanan, ganti jumlah air yang dibutuhkan dengan jumlah air berwarna buatan anda.

Pewarna ini tidak akan tahan lama, jika bersisa, simpan didalam kulkas untuk penggunaan 1-2 minggu atau jadikan ice cube untuk digunakan selama maksimal 3 bulan setelah pembuatan.
Nah untuk teman-teman yang ingin membuat pewarna makanan sekali pakai atau tuk cat air anak-anak, bahkan tuk play dough, Anda bisa dengan mudah menciptakan pewarna makanan ini ðŸ™‚

Tuk teman-teman yang akan merayakan paskah, coba bikin telur paskah pake pewarna alami deh, pasti ngk akan merasa bersalah, begitu akan dimakan anak-anak, belum lagi warnanya lucu-lucu.

Pewarna ini juga bisa digunakan untuk mewarnai kain. Untuk mewarnai kain dan telur paskah, caranya, rebus kain atau telur didalam larutan pewarna selama kurang lebih 30 menit, diamkan semalam. Jika ingin mendapatkan warna yang lebih kinclong, tambahkan cuka ke larutan pewarna, jika ingin telur paskahnya shiny, oleskan minyak sayur setelah pewarnaan selesai dan masukkan ke kulkas.

Selamat Berakhir Pekan

ps: untuk pewarna alami dengan warna yang lebih intens, tetap alami tapi bisa lebih tahan lama resepnya bisa Anda dapatkan dengan ikutan Pogram Bee Green Mommy “Dream Green dari Rumah”


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.