Total Pageviews

Sunday 1 July 2018

Allah selamatkan Imam Bukhari dari Buta



Allah selamatkan Imam Bukhari dari Buta






Kedua mata Imam Bukhari buta pada waktu kecilnya. Hingga suatu saat ibunya mimpi bertemu dengan nabi Ibrahim al-Khalil dalam tidurnya. Nabi Ibrahim itu berkata kepadanya: 'Wahai engkau perempuan! Sesungguhnya Allah telah mengembalikan penglihatan anakmu lantaran banyaknya tangisanmu (atau doamu – al-Balkhi sang perawi ragu antara keduanya), lalu pada pagi hari kami melihat, ternyata Allah telah mengembalikan penglihatannya." (Kitab Thobaqotul Hanabilah jilid 1, halaman 274. kitab Tahdzibul Kamal halaman 1170. Thobaqotus Sabki jilid 2 halaman 216. Muqadimah Fathil Bari halaman 478).


Lafadh-lafadh doa yang jujur dari seorang ibu untuk buah hatinya, yang keluar dari lubuk hati yang tulus, dengan iringan linangan air mata yang murni, adalah menu spiritual dan ramuan spesial untuk keberhasilan seorang anak. Siapa lagi yang akan mendoakan buah hati kita sendiri dengan sepenuh hati kalau bukan kita, ibunya sendiri, yang telah mempertaruhkan nyawa saat hendak mengeluarkannya ke alam dunia?

Adalah benar yang disabdakan oelh Rasulullah Saw tentang macam-macam doa yang mustajab, yang akan didengar oleh Allah dan segera dikabulkannya, salah satunya adalah doa orang tua untuk anaknya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ) رواه الترمذي.

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah Saw bersabda: "Tiga doa yang mustajab (didengar oleh Allah) yang tidak ada keraguan lagi di dalamnya; Doa orang yang terdzalimi, doa seorang musafir dan doa orang tua untuk anaknya."
(HR. Tirmidzi. Kitab Tuhfatul Akhwadzi, Hadits nomor 1828). 

(cahayasiroh.com)








No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.