Total Pageviews

Saturday 4 May 2019

Nenek 92 Tahun Pelari Tertua Maraton


Nenek 92 Tahun Jadi Pelari Tertua Maraton




SAN DIEGO, KOMPAS.com — Seorang nenek mencatatkan rekor sebagai peserta tertua dalam lari maraton. Nenek bernama Harriette Thompson asal Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat, itu berusia 92 tahun 65 hari saat mengikuti lomba bertajuk Sunday's Rock n Roll Marathon di Kota San Diego, California, Amerika Serikat, Minggu (31/5/2015).

Harriette menyelesaikan lomba dengan catatan waktu lebih kurang 7 jam 24 menit. "Ini adalah lomba maraton saya yang ke-15 di San Diego," ujar Harriette.

Harriette mengikuti lomba lari maraton atas dasar yang mulia. Ia bertujuan menggalang dana untuk kelompok penderita penyakit leukemia dan kanker limfoma.

Aksinya itu bukan tanpa alasan.  Dia kehilangan kedua orangtua, tiga saudara, dan suaminya karena penyakit tersebut.

Sebelum rekor ini dipecahkan oleh Harriette, rekor pelari tertua dalam maraton dipegang oleh Gladys Burrill, yang menyelesaikan lomba di Honolulu pada 2010 dalam usia 92 tahun 19 hari.



  



Nenek 92 Tahun Pelari Maraton Perempuan Tertua




SAN DIEGO, KOMPAS.com — Seorang nenek berusia 92 tahun di AS menjadi perempuan tertua yang menyelesaikan lomba lari maraton saat dia melintasi garis finis lomba sejauh 26 mil atau 42 kilometer itu di San Diego, Minggu (31/5/2015).


Harriette Thompson (92 tahun dan 65 hari), yang tersenyum, dielu-elukan puluhan penonton dan pendukung ketika dia menyelesaikan lomba di Southern California itu dalam waktu tempuh 7 jam, 24 menit, dan 36 detik.


Ketika berbicara kepada harian kota kelahirannya, Charlotte Observer, Thompson mengatakan dia merasa "sedikit kaku" setelah lomba tersebut. "Saya benar-benar lelah pada satu titik. Sekitar mil ke-21, saya naik bukit dan itu seperti sebuah gunung," katanya kepada Observer.


"Saya berpikir, 'Ini gila untuk (orang) seusia saya.' Namun, saya kemudian merasa lebih baik saat turun bukit. Putra saya, Brenny, terus memberi saya semua karbohidrat yang bagus yang membuat saya terus maju."


Perempuan tertua sebelumnya yang menyelesaikan maraton adalah seorang perempuan Amerika yang lain, yaitu Gladys "Gladyator" Burrill, yang berusia 92 tahun 19 hari ketika dia melakukan itu di Honolulu pada 2010.


Thompson berpartisipasi dalam lomba lari maraton itu demi mengumpulkan dana bagi penelitian kanker, penyakit yang dia sendiri derita, tetapi kemudian pulih. Nenek 10 orang cucu itu juga menyelesaikan lomba itu tahun lalu dengan waktu tempuh 7 jam, 7 menit, dan 42 detik.


Pria tertua yang menyelesaikan lari maraton adalah Fauja Singh, yang berusia 101 tahun saat dia pensiun dari lomba itu pada 2013.



..

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.