Total Pageviews

Friday 3 August 2018

Benda bahaya di sekeliling anda








Kenali Aneka Racun Di Sekitar Kita


Tinggal di kota besar memang rentan terkena berbagai baham kimia entah kita sadari ataupun tidak. Sayangnya berbagai bahan kimia tersebut lalu mengendap menjadi toksin yang dapat merusak kesehatan kulit dan organ tubuh lainnya. Lalu bagaimana cara penanganannya? Walaupun kita tak dapat mencegah paparan toksin 100 persen, namun kita dapat  menghindarinya. Berikut beberapa jenis bahan kimia yang paling sering ‘kontak’ dengan kita dan menjadi toksin (racun) dalam tubuh:

1. Karbon monoksida. Biasanya terdapat pada asap kendaraan tak terawat, kerusakan pada system alat pemanas ruangan, water heater dan pengering pakaian. Menghirup karbon ini dapat menyebabkan kerusakan besar pada kulit, bahkan bisa sampai pada kematian. Tips: lakukan cek
rutin kendaraan dan alat-alat pemanas.

2. Formalin. Bukan hanya sering dijadikan pengawet makanan, tetapi juga sebagai pengawet karpet sintetik dan furnitur dari kayu lapis (bau menyengat saat baru). Dapat mengiritasi kulit dan merusak paru-paru. Tips: Buka pintu/jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

3. Pestisida. Zat kimia pembunuh kuman yang sekaligus mencemari buah/sayur itu sendiri. Bila dikonsumsi dapat menyebabkan kanker. Tips: cuci buah/sayur sampai bersih di air yang mengalir.

4. Klorin. Pengguna klorin terbesar adalah dry cleaning dan kolam renang. Bila terhirup atau sering kontak langsung dengan kulit, bisa menyebabkan kerusakan pada mantel asam kulit (daya tahanmenurun), kanker hati serta kerusakan daya ingat. Tips: Angin-anginkan busana setelah di dry clean, baru masukkan dalam lemari. Lapisi kulit sebelum berenang dengan lotion yang waterproof.



Purify your body

Kalau sudah tahu, baiknya segera bersihkan tubuh dari zat-zat kimia yang mengendap di tubuh ini. Caranya dengan banyak minum air putih, berhenti merokok, banyak mengkonsumsi sayuran dan buah organik (non-pestisida) dan memperbanyak ‘pengeluaran’ keringat, misalnya dengan olah raga
atau sauna. Mudah kan? Let’s make a better living…




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.