Total Pageviews

Friday 8 May 2020

Jae Deen Menjadi Mualaf


Lantunan Surah Maryam Membuat Jae Deen Menjadi Mualaf Hingga Menulis 30 Juz Al-Qur’an

 






Seruni.id – Jae Deen, yang memilki nama asli Joshua Asare, merupakan salah satu dari sekian banyak manusia yang beruntung, bisa menerima hidayah dari Allah, ketika usianya masih sangat muda, yakni 15 tahun pada 2010 lalu.


Mendengarkan Surah Maryam

Awalnya, ia mendapatkan hidayah dan tertarik dengan Islam ketika diperkenalkan dengan Surah Maryam oleh sahabatnya di Kolej. Menurutnya, persamaan yang ada di dalam kisah yang tertulis dalam Surah Maryam, berkaitan dengan kelahiran Nabi Isa A.S dengan apa yang dipelajari dari agama asalnya.

Sejak saat itulah, ia akhirnya memilih mendekatkan diri kepada Islam dengan mempelajari Al-Quran. Meskipun mendapatkan tentangan hebat dari keluarga dan kedua orangtuanya, Jae Deen tetap meneruskan perjalanan hijrahnya.

Tak hanya sekedar membaca, rapper asal Kanada ini, juga berinisiatif untuk menuliskan kembali 30 juz kitab Suci Al-Qur’an yang ia baca. Namun, menariknya, pria 25 tahun ini, menyalin isi Al-Qur’an dengan tulis tangan. Kata demi kata pun ia terjemaahkan. Semuanya ia lakukan kurang lebih selama enam bulan.

Jae Deen, kemudian mengisahkan akan perjuangan panjangnya yang penuh dengan lika-liku sejak mempelajari dan memahami isi Al-Qur’an. Januari 2018, Jae Deen tidak mengerti sama sekali tentang bahasa Arab. Dia bahkan merasa kesulitan dalam mengeja kata-kata dalam bahasa Arab.


Mempelajari Bahasa Arab Secara Otodidak

 

Akhirnya, Jae Deen memutuskan untuk mempelajarinya secara otodidak. Dia banyak membaca teks tata bahasa Arab setiap hari. Setelah dirasa cukup, dia kemudian mempelajari Alquran selama bulan Ramadhan. Ada saat-saat Jae Deen merasa putus asa dalam usahanya memahami Alquran.

“Saya putus asa, menangis, dan bahkan punya keinginan untuk menyerah karena sangat susah saat awal-awal mempelajari Alquran,” katanya.

Jae pantas berkeluh kesah. Sebab, dia seorang mualaf dan tidak punya latar belakang Bahasa Arab. Namun, berkat pertolongan Allah, Jae Deen akhirnya berhasil menggapai keinginannya. Dia sangat bersyukur dengan pencapaiannya.

“Akhirnya, saya bisa memahami kata-kata Allah. Saya bisa mengerti arti dari doa-doa yang dibaca imam saat sholat,” katanya.

Selain menulis Al-Qur’an, dia telah merilis merilis lagu-lagu Islami dalam genre rap di YouTube. Semoga kisah selebritas ini sedikit banyak menginspirasi orang untuk memperdalam ilmu Al-Qur’an.






.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.